Google Search Box

Iklan-Iklan

Jam

My Traffic Rank

SEO Monitor

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Powered by  MyPagerank.Net

5 Mitos menyesatkan Soal Makanan

1. Gula dapat Menyebabkan Diabetes

Jika kita penderita diabetes, kita perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula dalam darah. Bila bukan diabetes, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan makanan yang manis, kegemukan dan tak pernah olahraga adalah faktor resiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.

2. Semua Lemak Buruk

Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penguraian dan penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Selain itu lemak juga berguna untuk transmisi saraf, menjaga integritas membran sel. Namun ketika, dikonsumsi berlebihan, lemak dapat menyebabkan berat badan bertambah, penyakit jantung dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak yang baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

3. Gula Coklat Lebih Baik daripada Gula Putih

Memang benar gula coklat mengandung sejumlah mineral. Namun, mineral itu bisa terasa manfaatnya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Dalam konsumsi sehari-hari, perbedaan mineral itu tak terlalu signifikan.

4. Kulit Telur Coklat Lebih Bergizi Dibandingkan dengan Kulit Telur Putih.

Warna kulit telur dapat berwarna-warni, tapi tak ada hubungannya dengan kandungan gizi, kualitas, dan rasa daripada telur tersebut.

5. Turunkan kolesterol dengan pantang makan makanan laut (seafood)

Kuncinya adalah konsumsi daam jumlah wajar, karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated.

Mungkin ada beberapa lagi mitos yang sering kita dengar dari masyarakat tentang makanan. Artikel di atas adalah sebagian dari mitos tersebut.

0 komentar: