LCD Monitor

Sekarang sudah sampai pada monitor LCD. Apakah anda tahu kepanjangannya? Harus tahu dunk. hehehe. kepanjangannya adalah Liquid Crystal Display. Memiliki definisi seperti ini lho.
LCD : Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna.
Wah...wah...dari definisinya saja ini hardware sudah benar-benar canggi. Menggunakan kristal cair dan filter berwarna, yang jika disinari akan menghasilkan citra.
Apa anda tahu cara kerjanya? Cara kerjanya seperti ini.
Sebuah layar LCD terdiri atas banyak lapisan, istilahnya adalah "sandwich". Sebuah sumber sinar flourescent, atau backlight, merupakan lapisan paling bawah. inar ini akan melewati filter pertama dari dua filter pengatur (polarizing). Sinar yang telah terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan bintik kristal cair yang dijajarkan pada sebuah kontainer kecil yang dinamakan cell. Setiap sel, juga dijajarkan membentuk barisan pada layar; satu cell atau lebih akan membentuk satu pixel (ukuran titik terkecil pada sebuah layar.
Sumber elektrik yang ada di sekeliling dari LCD akan membentuk medan listrik yang akan menggerakkan atau menggetarkan kristal-kristal di dalam LCD tersebut. dan akan mengatur sinar yang akan lewat pada lapisan kedua berupa filter yang terpolarisasi dan melewatinya.
Fiuh...seperti itulah kira-kira cara kerjanya monitor LCD.

0 komentar: