Definisi Monitor Komputer

Monitor Komputer. Hmm... apa anda tahu definisi tentang hardware yang penting dalam komputer ini?? Hehehe... sebenarnya saya juga kurang paham arti dan definisi dari hardware yang satu ini. Yuk, kita belajar sama-sama.
Monitor Komputer adalah suatu hardware yang berfungsi sebagai media output untuk menampilkan dan memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.
Cara Kerja Monitor Jadul (Konvensional) adalah Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.

Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.

Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.

Ternyata hebat juga ya yang membuat monitor itu. ^^

0 komentar: