Bagaimana Cara Baca Tulis pada Hard Disk?

Saya yakin kebanyakan dari orang yang pernah berkomputer ria, menyimpan data, dan mengkopi data, tidak tahu dengan cara kerja hard disk. hehehe. saya pun begitu sebelumnya. hehehe.
Cara kerja baca tulis pada Hard Drive adalahpada saat sistem operasi mengirim data ke hard disk untuk disimpan, maka drive pada hard disk akan melakukan perhitungan data terlebih dahulu dengan rumus matematis yang amat sangat kompleks pada sebuah data tersebut untuk menambahkan hitungan bit dari data itu. Dengan konversi atau perubahan ini maka penyimpanan data menjadi lebih efisien. Selanjutnya, data yang telah dikonversi itu akan digerakkan menuju track tertentu di atas disk untuk melakukan baca dan tulis. Waktunya disebut seek time. Setelah berada pada track yang benar, maka data yang telah dikonversi tersebut akan menunggu sampai berada pada sektor tertentu untuk membaca dan menulis data. Waktu tunggu ini disebut Latency.
Jadi, dengan kata lain, semakin kecil nilai seek time dan latency hard disk tersebut, maka akan semakin tinggi keefektifan dan efisiensi dari hard disk tersebut.
Kira-kira seperti itulah cara kerja baca tulis pada hard drive.
hehehe.

0 komentar: